Sukses Berkarir Dengan Mencontoh Para Politikus

Anda dapat melamar dunia kerja dengan cara para politisi memainkan peran mereka di panggung politik. Tentu saja, ambil sisi positifnya. Jangan meniru mereka yang bermain kasar. Cukup untuk "bermain manis" dan bersikap adil.

Sukses dalam politik pada dasarnya adalah bagaimana Anda dapat membaca situasi dengan cepat dan bertanggung jawab. Dan posisikan diri Anda dengan cepat di lingkungan kerja, baik untuk bos maupun rekan kerja.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa tips dari biro psikologi Jogja untuk berhasil dalam politik di dunia kerja :

Lihatlah teman dan lawanmu

Politisi selalu mengerti siapa teman yang bisa memberikan dukungan, siapa lawan yang mau dihancurkan. Dan lawan ini harus dikalahkan. Mereka selalu memantau kegiatan pihak lain agar tidak salah. Dengan mengetahui seberapa kuat kekuatan tim lawan, mereka dapat menyusun strategi untuk menghadapinya. Tidak jauh berbeda dengan politik, langkah pertama menuju sukses di kantor adalah mengetahui perusahaan tempat Anda tinggal dan orang-orang di dalamnya. Coba perhatikan bagaimana rekan kerja lainnya bekerja. Pelajari kekuatan dan kelemahan setiap orang. Setelah itu, cobalah mengatur strategi agar Anda menjadi superior. Misalnya, si A yang tidak terlalu pintar selalu bisa mengambil hati pemimpinnya dengan selera humornya. Nah, Anda bisa belajar darinya. Jika selama ini Anda terlalu kaku, cobalah bersikap lancar di depan bos. Tunjukkan bahwa Anda juga memiliki selera humor yang bagus. Ini sebuah obrolan dalam sebuah psikotes rekrutmen karyawan oleh psikolog Jogja waktu itu.

biro psikologi jogja

Dekati kepribadian yang berpengaruh

Untuk berhasil, politisi umumnya tidak ragu-ragu untuk mempertahankan orang-orang berpengaruh, seperti pegawai negeri dan tokoh masyarakat. Apakah ini berlaku di dunia kerja? Ya, orang-orang berpengaruh berperan dalam kesuksesan karier Anda. Cobalah untuk memperhatikan atasan atau kepribadian lain yang memengaruhi interaksi kerja dan sosial. Setelah itu, amati gaya komunikasi, jejaring, dan jenis proposal yang sering mereka setujui. Cobalah melakukan apa yang mereka sukai untuk mendapatkan perhatian mereka.

Pahami tujuannya

Politisi akan mencari partai yang memiliki visi dan misi yang sesuai dengan visi dan tindakan pribadi mereka untuk mencapai tujuan mereka. Dalam dunia kerja, Anda juga harus memahami tujuan pribadi Anda sehingga Anda tidak tergelincir ke dalam keberhasilan usaha Anda. Jika Anda berkonflik dengan kolega, Anda tidak perlu bersikap defensif. Cobalah untuk menyelesaikan masalah secara objektif. Tunjukkan bahwa Anda merusak kepentingan bisnis daripada kepentingan pribadi. Setelah masalah terselesaikan, bos akan menganggap Anda sebagai orang dewasa yang penuh strategi. Di lain waktu, dia akan mempercayai Anda untuk memikul tanggung jawab yang lebih besar.

Tidak ada teman abadi

Dalam politik, mereka cenderung memikirkan kepentingan dan keuntungan mereka sendiri. Bahkan, bahkan di dunia kerja, ini berlaku. Semua orang berpikir tentang kesuksesan mereka. Karena itu, cobalah untuk tidak memihak pada beberapa kelompok kantor, bahkan jika Anda suka. Tempatkan masing-masing kelompok dalam tingkat komunikasi yang sama. Sikap netral Anda akan memberi Anda kepercayaan diri dari berbagai pihak dan menyelamatkan Anda dari konflik.

Penuh strategi

Dunia politik tentu sangat kompetitif. Semuanya akan dilakukan untuk menang. Melepaskan itu normal. Namun di depan publik, mereka bisa bergaul dan tersenyum. Dan di dunia kerja? Anda mungkin telah berdebat dengan rekan kerja di ruang rapat. Perusahaan tes psikologi Jogja adalah pekerjaan murni. Jadi, setelah meninggalkan ruang rapat, pertengkaran itu tidak lagi diperlukan. Kolega sudah menjadi teman lagi yang bisa diajak makan siang bersama. Sikap Anda yang dapat memisahkan pekerjaan staf akan membuat Anda terlihat dewasa dan profesional. Dan kita dapat menganggap bahwa bos menempati posisi yang lebih tinggi.

Bagaimana dengan itu? Apakah Anda tertarik untuk mencoba tips ini ?

Psikolog Jogja | Biro Psikologi Jogja Laksita Educare

Alamat : Jl. Wates Km 12 Sedayu Bantul Yogyakarta
WhatsApp : 08170434500

No comments:

ads
Powered by Blogger.